Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Hidup Sehat untuk Ibu Hamil

Cara Hidup Sehat untuk Ibu Hamil - Kehamilan adalah sebuah anugerah bagi seorang ibu yang memimpikan seorang momongan dan anggota keluarga baru dalam kehidupannya. Dalam masa-masa hamil seperti itu kesehatan seorang ibu haruslah di jaga karena ini juga demi kesehatan janin atau bakal bayi yang dikandungnya.

Seorang ibu yang telah berbadan dua hendaknya memperhatikan pola hidup sehat di masa-masa hamilnya. Dari menjaga pola makan, aktifitas fisik, dan keadaan psikologi si ibu hamil untuk menjaga agar anak yang di kandungnya selalu sehat sehingga bisa membuat kehamilannya berkualitas.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi FKUI-RSCM, dr Omo Abdul Madjid SpOG mengatakan, "Kualitas ini diupayakan seoptimal mungkin. Ibu dan bayi sehat secara fisik dan mental, juga saat bayi dilahirkan dan kehidupannya kelak,"

Menurut dr Omo, agar kehamilan berkualitas dan berjalan lancar, ibu-ibu hamil harus memerhatikan hal-hal berikut ini :

1. Senang menerima kehamilan
Keadaan psikologis sang ibu hamil juga berpengaruh terhadap kesehatan sang buah hati, untuk itu diharapkan agar ibu hamil selalu bersuka cita dan tidak stress menghadapi kehamilan. Harus senang dengan hadirnya sang buah hati.

2. Mengubah Pola Makan
Bagi ibu hamil diwajibkan untuk tidak mengonsumsi makanan berpengawet dan berpewarna buatan. dr Arju Anita Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Hermina Jakarta juga menegaskan bahwa pada kehamilan trimester pertama sebaiknya si ibu tidak melakukan diet atau mengurangi makan.

3. Mengurangi aktivitas fisik
Pada trimester pertama, kehamilan masih baru dan plasenta belum berfungsi dengan baik, sehingga rentan mengalami keguguran. Untuk itu, upayakan kehamilan setenang mungkin dan bebas masalah-maslah kehidupan seperti aktivitas berat.

4. Jangan melakukan diet
Trimester pertama adalah masamasa aktif pembelahan sel, sehingga ibu butuh energi yang mencukupi. Untuk itu selalu makan dalam porsi yang cukup jangan mengurangi makan untuk mengurangi berat badan. Jangan pikirkan berat badan dulu, biarlah dulu demi kesehatan sang buah hati.

Demikian beberapa informasi tentang Cara Hidup Sehat untuk Ibu Hamil. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Cara Hidup Sehat untuk Ibu Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tanyakan-apa.blogspot.com/2012/12/cara-hidup-sehat-untuk-ibu-hamil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Wawan Setiawan - Selasa, 18 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Hidup Sehat untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar