Diberdayakan oleh Blogger.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lupa

Penyebab dan Cara Mengatasi Lupa - Lupa adalah sala satu sesuatu yang lumrah dan sifat yang manusiawi, namun apa jadinya kalau kita sering-sering mengalami hal ini. Apa mungkin ini penyakit turunan atau penyakit menular. Ya enggak lah yauu. Mungkin ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan jika anda sering lupa.

Faktor usia memang salah satu penyebab lupa namun tidak menutup kemungkinan usia muda juga sering mengalami sifat lupa. Istilahnya itu pikun dini. Apa saja ya penyebabnya? Berikut akan kami sajikan beberapa penyebab pula, diantaranya :

1. Depresi dan Stress
Tekanan hidup yang tinggi akan berpengaruh pada mental termasuk juga daya ingat. Orang yang mengalami depresi biasanya lebih rentan terkena penyakit lupa daripada yang tidak mengalaminya. Orang yang stress akan mengalami masalah dalam hal memikirkan sesuatu atau fokus dalam berpikir. Oleh karena itu mereka sering lupa.

2. Banyak Pikiran
Ketidakmampuan seseorang mengatasi masalah disekitarnya akan membuat pikiran itu menumpuk dan menjadi masalah yang cukup serius. Lama kelamaan orang tersebut tidak bisa fokus ke suatu hal dan pikirannya selalu terbagi-bagi dengan banyak hal. Hal ini menyebabkan seseorang mudah lupa.

3. Gangguan Tiroid
Gangguan Tiroid seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme, telah diketahui memengaruhi (kebingungan) mental dan ketidakmampuan mengingat hal-hal untuk waktu yang lama. Solusinya, dengan menggunakan terapi untuk mengobati penyakit ini.

4. Alkohol dan Narkoba.
Alkohol dan narkoba merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kelupaan. Ketika seseorang benar-benar mabuk, dia tidak akan pernah ingat apa yang diceritakan atau dijelaskannya. Serupa dengan itu, kasus kecanduan narkoba juga bisa membuat sel-sel otak kehilangan kontrol seperti ketika mereka mengonsumsi alkohol berlebihan.

5. Trauma Fisik atau Emosional
Trauma yang terjadi karena kecelakaan atau pun peristiwa tertentu bisa mengganggu kinerja otak. Bahkan karena benturan serius di bagian otak kadang menyebabkan terhapusnya sebagian memori (amnesia). Namun dengan penanganan yang tepat bisa di obati.

Cara Mengatasi Lupa :

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega-3 dan DHA
Ikan Salmon dan Yoghurt adalah makanan yang mengandung Omega 3 dan DHA. Menutu sebuah penelitian, mengkonsumsi makanan tersebut akan mengurangi lupa ingatan akibat usia, mengurangi risiko kepikunan, depresi, dan mempercepat daya pikir.

2. Olahraga
Olahraga akan memperbanyak oksigen di otak. Selain itu juga jika dilakukan secara rutin dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru secara rutin bisa membantu mempertahankan fungsi kognitif hingga 30%. 

3. Membaca
Membaca setiap hari terbukti bisa mempertajam daya ingat. Biasakanlah membaca tiap hari terutama membaca Al-Quran beserta artinya dan kalau bisa hapalkan surat2 tertentu. Cara ini terbukti secara ilmiah mempertajam daya ingat tanpa terbatas usia.

Demikian informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Lupa. Semoga bermanfaat.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Penyebab dan Cara Mengatasi Lupa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tanyakan-apa.blogspot.com/2012/12/penyebab-dan-cara-mengatasi-lupa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Wawan Setiawan - Kamis, 13 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Lupa"

Poskan Komentar