Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Merawat Hardisk Komputer agar Awet

Hardisk adalah salah satu komponen komputer yang sangat penting. Ianya adalah sebuah media penyimpanan data-data, aplikasi dan tempat berjalannya sistem operasi. Tanpa hardisk sebuah komputer atau laptop tidak akan bisa melakukan pekerjaan disana. Untuk itulah, keberadaan hardisk dirasa sangat penting bagi sebuah komputer.

Tips Merawat Hardisk Komputer agar Awet - Namun adakalanya hardisk juga mengalami sebuah kerusakan, jika begitu maka lenyaplah sudah semua data-data yang ada di dalamnya. Jika datanya bukan merupakan data penting mungkin tak apa tapi apa jadinya jika data-data yang ada disana merupakan data-data penting seperti foto-foto keluarga, foto teman, format surat-surat penting, lagu pribadi, dan sebagainya. Saya yakin anda akan ngedrop ngadepinnya. Serius!!

Dan berikut adalah beberapa tips Merawat Hardisk Komputer agar Awet. Tips-tips berikut ini bisa menjadi sebuah langkah pencegahan kerusakan hardisk anda. Saya rekomendasikan juga agar memBack up file-file atau data penting yang ada dalam komputer karena Hardisk juga sama seperti manusia punya umur juga, jadi kalo udah tua alias kolot ya pasti ada innalilahinya, :-). Berikut adalah tips-tips merawat hardisk.

1. Pastikan asupan Listrik Stabil
Salah satu musuh utama yang menjadi penyebab kerusakan hardisk komputer adalah asupan listrik yang tidak stabil. Secara umum, suplai voltase listrik ke dalam sistem PC yang normal adalah antara 180-230 volt. Namun terkadang asupan voltase listrik dari PLN tidak memenuhi standar tersebut. Solusinya adalah anda harus memasang stabilizer agar asupan listrik ke Hardisk selalu stabil. Jika bisa pakai juga UPS untuk menghindari listrik mati secara mendadak seperti pemadaman bergilir yang dilakukan oleh PLN.

2. Matikan Komputer secara Benar
Biasakanlah mematikan komputer secara benar yaitu melalui menu shutdown komputer, jangan langsung dari tombol power yang ada di komputer atau dengan mencabut kabel listrik. Karena mematikan komputer dengan cara ini memberikan efek yang tidak baik pada hardisk Bayangkan saja kepingan hardisk yang sedang berputar cepat tiba-tiba saja dihentikan, akibatnya piringan hardisk bisa tergores dan jika terus menerus akan mempercepat kerusakan hardisk.

3. Perhatikan Kesehatan Komputer dari Virus
Virus komputer juga selayaknya dijaga, jika terus menerus dibiarkan maka virus komputer juga akan menyebabkan komputer sering hang dan membuat komputer secara terpaksa harus di matikan tanpa menu shut down sehingga ini akan berakibat komputer secara terpaksa dimatikan melalui tombol switch komputer.

4. Lakukan Sancdisk dan Defrag Secara Bekala
Aplikasi untuk mengecek dan memeriksa apakah terjadi kerusakan pada harddisk atau tidak, sekaligus memperbaikinya. Defrag adalah untuk melakukan penataan ulang file, sektor, track, dan cluster pada harddisk sehingga terkelompok secara teratur berdasarkan logika penataan tertentu.

Demikian informasi tentang Tips Merawat Hardisk Komputer agar Awet. Semoga bisa bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dan Trik dengan judul Tips Merawat Hardisk Komputer agar Awet. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tanyakan-apa.blogspot.com/2012/12/tips-merawat-hardisk-komputer-agar-awet.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Wawan Setiawan - Rabu, 12 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Tips Merawat Hardisk Komputer agar Awet"

Posting Komentar