Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengatasi Jika Sering Mengantuk

Cara Mengatasi Jika Sering Mengantuk - Mengantuk adalah sesuatu yang wajar bagi manusia. Jika kita kurang tidur, pada umumnya pasti akan merasakan kantuk yang mengakibatkan pikiran tidak fokus dan mudah lelah. Namun apa jadinya jika kita sering sekali ngantuk walaupun waktu tidur bisa dibilang cukup.

Jika iya hati-hatilah anda memiliki penyakit hipersomnia. Hipersomnia adalah salah satu jenis penyakit dimana seseorang mengalami rasa kantuk berlebihan meskipun sudah tidur cukup. Jangan menmganggap remeh masalah ini. Karena penyakit sering ngantuk akan menganggu aktivitas anda, terutama jika anda seseorang yang sering berkendara di jalan raya. Cobalah lihat betapa bahayanya anda.

Selain itu penyakit sering mengantuk juga mengakibatkan kita mudah lelah, sulit berkonsentrasi, cepat menyerah, dan daya ingat ypun terus menurun. Jika sudah begitu produktivitas kita pun akan menurun tentunya. Kreativitas, kemampuan analisa, dan stabilitas emosi juga akan menurun.

Berikut adalah beberapa Cara Mengatasi Jika Sering Mengantuk :

1. Tidur Berkualitas
Tidur bukan hanya memejamkan mata saja tetapi juga bagaimana kita membuat gelombang otak masuk ke dalam vase tidur lelap.

2. Jauhkan pengganggu tidur:
Jadikanlah tempat tidur sebagai tempat yang nyaman untuk terlelap, setidaknya kita harus menjauhkan hal-hal yang dapat mengganggu aktivitas tidur seperti televisi, radio, video games, dan laptop dari kamar.

3. Buat jam tidur yang teratur
Kita harus bisa mengatur jam tidur dalam satu hari, untuk remaja minimal 9 jam dan dewasa 8-9 jam.

4. Perlahan majukan jam tidur kita
Jika menentukan jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya tak sukses, cobalah majukan jam tidur kita 15 menit lebih cepat selama 4 malam berturut-turut. Setelah ini berhasil, buat jadwal tidur kita 1 jam lebih cepat dari biasanya.

5. Makanlah dengan teratur
Jika kita bertanya apa hubungannya makan dengan tidur, maka jawabannya adalah keduanya sangat erat terkait. Makan di jam yang sama setiap hari akan membuat sirkardian kita “berdentang” dengan teratur, termasuk distribusi energi untuk memberikan sinyal pada kita bahwa sudah waktunya istirahat.

6. Olahraga
Olahraga yang cukup setiap hari akan membuat tidur anda lelap pada malam harinya.

7. Naiklah ke atas tempat tidur jika benar-benar sudah mengantuk
Jika kita hanya kelelahan setelah beraktivitas seharian, sebaiknya jangan naik ke atas tempat tidur. Sebab ternyata, ini justru tak akan membuat kita terlelap. Melainkan hanya berguling-guling di atas tempat tidur.

8. Temuilah pakar kesehatan tidur
Jika 7 langkah di atas masih belum juga berhasil membuat kita tertidur dengan nyenyak, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kesehatan tidur. Mungkin saja kita memiliki masalah selain yang sudah disebutkan di atas.

Ingat kondisi tubuh yang selalu bugar adalah modal utama untuk kehidupan yang sukses. Jika kita sering mengantuk, tubuh akan mudah lelah, dan sulit untuk berkonsentrasi. Jika begitu produktivitas kita pun akan menurun drastis.

Demikian informasi tentang Cara Mengatasi Jika Sering Mengantuk. Semoga bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan / Tips dan Trik dengan judul Cara Mengatasi Jika Sering Mengantuk. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tanyakan-apa.blogspot.com/2012/12/cara-mengatasi-jika-sering-mengantuk.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Wawan Setiawan - Kamis, 20 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Mengatasi Jika Sering Mengantuk"

Posting Komentar