Diberdayakan oleh Blogger.

Presiden Termiskin di Dunia, Jose Mujica

Presiden Termiskin di Dunia, Jose Mujica - Di Indonesia pejabat sering diidentikan dengan seseorang yang memiliki penghasilan dan kekayaan cukup tinggi daripada masyarakat pada umumnya. Namun hal ini tidak berlaku pada Jose Mujica, Presiden asal negara Uruguay ini mendapat salah satu predikat Presiden termiskin di dunia.  Gaya hidup yang sangat sederhana dan tidak bersifat materialistis. Inilah salah satu teladan yang harus di contoh oleh pejabat-pejabat kita.

Jose Mujica menyumbangkan 90% gajinya sekitar 12.000 US dolar atau 120 juta rupiah setiap bulan hanya utnuk kegiatan-kegiatan sosial. Jiwa kepemimpinannya sungguh mulia tidak seperti kebanyakan pejabat kita yang pinginnya nominal daripada kinerja yang bagus.

Untuk tempat tinggal pun, alih-alih menempati istana negara beliau malah memilih tinggal di tanah pertanian di luar ibukota negara. Disana ia bersama isterinya menanam sendiri bunga-bunga untuk kemudian di jual sebagai pintu pemasukan uang untuk kehidupannya.

Presiden juga pada umumnya memiliki banyak ajudan atau penjaga namun bagi presiden Uruguay ini hanya didampingi dua polisi dan satu anjing berkaki tiga. Oh iya untuk gajinya sebagai seorang presiden ia hanya menerima sekitar Rp.8.000.000 saja sisa 10% dari total gaji yang ia sumbangkan ke masyarakat.

Pada tahun 2010 ia pernah dihitung kekayaannya, dan total seluruh kekayannya hanya sekitar 1000 dolar Amerika atau sekitar 10 jutaan. Angka yang sangat kecil sekali jika dilihat statusnya sebagai orang nomor satu di negaranya.

Setelah dua tahun menjadi presiden kekayannya memang bertambah yaitu 215.000 dolar atau sekitar 2 Milliar. Itu pun setelah menambahkan beberapa aset miliknya seperti tanah, rumah, dan beberapa traktor. Jumlah yang masih sangat kecil sebagai seorang kepala negara.

"Saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih." Katanya.

Meski mendapat berbagai pujian namun ia masih tetap rendah hati mengingat kebijakan pemerintah di negaranya hanya boleh menjabat satu kali menjadi presiden. Ini artinya setelah habis masa jabatan ia akan melanjutkan menanam bunga bersama isterinya di ladang.

Semoga di negara kita ada sosok presiden seperti Pak Jose Mujica. Walaupun beliau mendapat gelar sebagai Presiden Termiskin di Dunia, ini bukan sebuah masalah yang penting kesejahteraan rakyat adalah yang di utamakan.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Presiden Termiskin di Dunia, Jose Mujica. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tanyakan-apa.blogspot.com/2012/12/presiden-termiskin-di-dunia-jose-mujica.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Wawan Setiawan - Kamis, 06 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Presiden Termiskin di Dunia, Jose Mujica"

Posting Komentar