Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Merawat Komputer Warnet agar Awet

Cara Merawat Komputer Warnet agar Awet - Perawatan komputer warnet harus diperhatikan mengingat untuk kelangsungan umur komputer agar bisa tahan lama. Ketidakmampuan atau ketidakpedulian dalam merawat komputer warnet akan berimbas pada kinerja komputer warnet anda yang kurang sehat sehingga akan mengusir satu per satu pelanggan yang masuk ke warung internet tersebut.

Perawatan yang tepat dan benar bagi komputer-komputer di warnet anda akan membuat warnet anda selalu sehat dan tahan lama sehingga pelanggan pun jadi betah berada di sana dan akan meningkatkan jumlah rupiah setiap hari tentunya.

Berikut adalah Cara Merawat Komputer Warnet agar Awet :

Defrag komputer cara rutin
Komputer yang tidak pernah di defrag akan membuat kinerjanya lambat dan jika terus menerus akan sering mengahami Hang. Untuk itulah defrag secara rutin diperlukan yang difungsikan agar file-file yang terdapat dalam hardisk selalu di rapihkan sehingga kinerjanya akan lebih ringan.

Bersihkan Recycle Bin secara rutin
Ketika kita menghapus file maka file tersebut akan terlebih dahulu di simpan dalam recycle bin dan bisa dikembalikan dengan fungsi restore. Recycle Bin yang dipenuhi file-file juga akan membuat kinerja komputer menjadi berat alias lola.

Update Antivirus secara berkala
Aktivitas virus dalam komputer warnet memiliki jumlah yang lebih banyak terjangkit virus daripada komputer rumah atau kantor. Oleh karena itu di usahakan agar selalu update antivirus anda untuk menangani virus-virus yang akan menjangkiti komputer anda. Ada baiknya juga menginstall Deep Freeze agar ketika komputer di restart bisa kembali ke kondisi semula. Namun walau begitu Antivirus tetap harus dipasang u karena Deep Frreeze tidak menjamin bebas virus.

Jangan terlalu banyak install aplikasi
Uninstall program yang tidak terlalu di anggap penting hal ini dikarenakan terlalu banyak program juga akan membuat kinerja RAM dan Hardisk kurang sehat.
 

Bersihkan komputer secara berkala
Debu yang menumpuk dan bila tidak dibersihkan dapat menyebabkan rusaknya bagian dari komputer seperti Processor, VGA dan bagian sensitif lainnya. Bersihkanlah paling tidak sebulan sekali menggunakan vacuum ataupun blower (sebaiknya jangan gunakan air compressor sebagai blower) dan kuas pembersih. Komputer yang bersih dapat berjalan dengan lebih lancar dan kerusakan lebih jarang terjadi.

Perhatikan ventilasi komputer
Selain beberapa hal di atas anda juga harus memperhatikan ventilasi komputer anda untuk memperlancar sirkulasi udara yang masuk ke dalam komputer. Hal ini bertujuan agar komputer tidak cepat panas sehingga akan mempercepat kerusakan komponen di dalamnya.

Install ulang komputer jika perlu
Apabila komputer sudah terlalu berat ada baiknya anda install ulang komputer anda agar kinerjanya kembali ringan.

Demikian informasi tentang Cara Merawat Komputer Warnet agar Awet. Semoga bisa bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dan Trik dengan judul Cara Merawat Komputer Warnet agar Awet. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tanyakan-apa.blogspot.com/2012/12/cara-merawat-komputer-warnet-agar-awet.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Wawan Setiawan - Sabtu, 08 Desember 2012

1 Komentar untuk "Cara Merawat Komputer Warnet agar Awet"

  1. Untuk defrag komputer bagisnya berapa hari sekali gan?

    bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    BalasHapus